Beranda » Blog » Sejarah Percetakan

Sejarah Percetakan

T Diposting oleh pada 4 February 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 381 kali

Percetakan mempunyai catatan sejarahnya sendiri. Sejarah telah mencatatkan tanggal dari gambar dinding gua yang berumur lebih dari 30.000 tahun. Pada 2500 B.C., bangsa Mesir mengukir hieroglyphics pada batu. Akan tetapi, Percetakan yang manusia modern ketahui pada masa kini tidak ditemukan hingga lebih dari sekitar lima ratus tahun silam.

Bangsa China telah membuat banyak penemuan. Mereka telah menemukan kertas pada abad pertama dan moveable type yang terbuat dari tanah liat pada sekitar abad ke-11. Orang Korea pertama kali membuat moveable type dari perunggu pada pertengahan abad ke-13. Namun, tidak diketahui adanya hubungan antara penemuan awal orang Asia dan penemuan percetakan di Eropa pada abad ke-15.

Sebelum Percetakan ditemukan, semua informasi yang tercatat di Eropa ditulis dengan tangan. secara hati-hati, buku-buku disalin oleh ahli tulis (scribes) yang sering menghabiskan waktu bertahun-tahun lamanya untuk menyelesaikan hanya satu jilid buku. Cara yang seperti ini sangat lambat dan begitu mahal sehingga hanya sedikit orang yang memilik kesempatan atau kemampuan untuk membaca karya yang telah selesai.

Hanya ada sedikit perkembangan dalam bidang Percetakan antara tahun 1440 hingga mulainya Revolusi Industri sekitar tahun 1800-an. Pada tahun 1800-an, bidang metode percetakan dan kemesinannya mengalami kemajuan pesat. Industrilisasi membuat mungkin ditemukannya mesin cetak bertenaga uap, mesin rotari, mesin pembuat kertas, dan mesin typeset otomatis. Mesin mengurangi biaya produksi bahan cetak dan membuat mereka lebih mudah terjangkau. Pada masa ini, fotografi, photoengraving, dan coal-tar dyces untuk membuat tinta berwarna juga ditemukan.

Penemuan Johann Gutenberg pada tahun 1440-an, yaitu moveable type dan mesin percetakan memainkan peran signifikan dalam upaya membawa Eropa keluar dari “masa kegelapan”. Percetakan membuat buku dan bahan bacaan lainnya tersedia bagi masyarakat umum. Orang-orang pun belajar membaca. Ketika mereka mulai terdidik, mereka mulai bertukar pikiran dan informasi yang mengarah pada penemuan-penemuan baru. Eropa memasuki periode perkembangan dan eksplorasi yang dikenal dengan Renaissance.

Perkembangan Percetakan Moderen

kemajuan teknologi dan barang elektronik terus mengubah industri percetakan di akhir tahun 1900-an, . Letterpress menjadi kurang penting. Ia dipakai hanya untuk beberapa surat kabar yang besar dan beberapa label dan percetakan bahan pengepak, formulir bisnis, dan percetakan tugas.

Flexography akhirnya menggantikan letterpress dalam percetakan surat kabar. Metode ini akan terus bertumbuh dalam paket komersial dan pemublikasian buku. Reprography menjadi lebih tersedia dan penggunaan luas prosesor kata dan penyaring gambar (scanner) elektronik mengurangi biaya produksipercetakan.

Akhir-akhir ini berkembang metode gravure, menggunakan elektromekanik dan laser pemahat dari silinder berlapis plastik. Pengetsaan elektronbeam dan plat fotosensitif juga menurunkan biaya pembuatan silinder. Sistem elektronik baru membuatnya mungkin untuk membuat silinder Percetakan langsung dari salinan asli tanpa film atau operasi manual. Perkembangan ke depan dari tinta berbasis air akan lebih jauh memotong biaya dan menghilangkan masalah polusi. Ini akan menjamin gravure memiliki bagian yang lebih banyak lagi dalam pasar percetakan.

Perkembangan dan perubahan dari kemajuan teknologi akan terus semakin cepat. Kini dunia berada dalam pertengahan ledakan informasi. Industri Percetakan akan terus maju dan terus merekam dan mendistribusikan informasi ke dalam abad yang baru.

 

Percetakan.co.id jasa percetakan murah di jakarta cetak brosur kartu nama kaos buku, agenda, flyer, kalender, dll, dengan harga kompetitif, hasil yang berkualitas, proses cepat dan tepat waktu
Untuk kualitas terbaik, silahkan hubungi 0858-1774-3867
Jangan ragu dan sungkan untuk menghubungi kami! Kami menerima baik untuk partai kecil* dan sangat Siap untuk partai besar
beringinmulia@gmail.com
Call/Sms : 0858-1774-3867
Cipinang Besar Utara 14/04 no. 20 B
Jatinegara Jakarta-Timur, 13410

Belum ada Komentar untuk Sejarah Percetakan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Sejarah Percetakan

Proses Percetakan

Proses Percetakan

T 4 February 2019 F A admin9983

Percetakan (printing) merupakan teknologi atau seni yang memproduksi salinan dari sebuah image dengan sangat cepat, seperti kata-kata atau gambar-gambar (image) di atas kertas, kain, dan permukaan-permukaan lainnya. Setiap harinya, milyaran bahan cetak diproduksi, termasuk buku,, kalender, buletin, majalah, surat kabar,... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.